Cara itu ternyata sangat ampuh. Dan seorang wanita asal Illinois, AS, bernama Arlynn Presser telah membuktikannya sendiri.

Ia seorang penderita agoraphobia, yang mengalami ketakutan berada di tempat terbuka atau kerumunan sehingga lebih suka menyendiri. Karenanya, ia juga takut melakukan perjalanan. Namun, ia bertekad untuk menghilangkan rasa takut itu dengan cara menghadapinya.

Caranya unik dan malah cenderung seakan "menantang" ketakutannya sendiri, yaitu "kopi darat" dengan 324 teman di akun Facebook dengan mengunjungi mereka satu per satu, padahal mereka semua tersebar di seluruh dunia. Tak tanggung-tanggung, niatnya ini juga menguras dana pribadinya. Ketika menemui teman FB-nya yang ke-292, biaya yang sudah dikeluarkan adalah sebesar USD30.000. Jumlah yang tidak kecil, kan?

 

Dengan Brenda Allison dari Ayettevill, Arkansas (teman FB ke-287)

Tapi, pengorbanan besarnya itu memberikan hasil yang juga luar biasa. Karena wanita berusia 51 tahun ini mengaku merasa jauh lebih baik setelah melakukan perjalanan keliling dunia. Ia sudah bisa mengendalikan agoraphobia yang dideritanya. Bisa merasa lebih santai berada di ruang terbuka.

Bahkan, Arlynn bisa dibilang mendapat "berkah" lain. Perjalanan unik Arlynn ini menarik minat seorang teman Fb yang ditemuinya, Ben Gonzalez yang juga kebetulan pembuat film, untuk mendokumentasikan perjalanannya itu dalam sebuah film dokumenter. Arlynn tentu tak menolaknya.

Mungkin ucapan penutup Arlynn ini bisa menjadi inspirasi bagi kita, "Kurasa terapi mengajarkan Anda untuk bergantung pada terapi, obat mengajarkan Anda untuk bergantung pada obat. Tapi, perjalanan ini mengajariku untuk bergantung pada teman-teman dan diriku sendiri."

Kisah perjalanan Arlynn yang luar biasa ini mungkin bisa jadi cerminan bagi diri kita sendiri. Jika kita mempunyai ketakutan dalam bentuk apa pun itu, mari kita berani untuk menghadapinya atau malah "menantangnya" sebagaimana yang dilakukan Arlynn Presser. Luar Biasa!

(diambil dari artikel Andrie Wongso )